Prinsip Dasar Antarmuka Handsaking

1. Jelaskan Apa yang di maksud Handshaking

Umumnya handsaking lebih dikenal dengan jabat tangan, namun definisi

handsaking yang sebenarnya adalah pertukaran signal yang ditentukan saat hubungan dilakukan antara dua terminal. Handsaking merupakan prinsip dasar dari suatu hubungan pada sebuah interfacing. Di dalam komunikasi telepon, handshaking adalah pertukaran informasi antar dua modem dan persetujuan yang menghasilkan tentang protokol dimana untuk menggunakan yang mendahului masing-masing sambungan telepon. Agar dapat dengar handshaking dalam memamah dan bunyi lain manakala kamu membuat suatu dial-out panggil dari

komputer.

Karena modem pada masing-masing punya kemampuan berbeda, mereka harus menginformasikan satu sama lain dengan kecepatan transmisi yang paling tinggi yang mereka dapat kedua-duanya. Pada yang lebih tinggi kecepatan, modems harus menentukan panjang keterlambatan garis sedemikian sehingga gema cancellers dapat digunakan dengan baik.


Perangkat keras atau perangkat lunak aktivitas yang ditentukan merancang untuk menetapkan atau memelihara dua program atau mesin di dalam sinkhronisasi. Handshaking sering berhubungan dengan pertukaran paket atau pesan data antara dua sistem dengan penyangga terbatas. Suatu kekuatan protokol handshaking sederhana hanya melibatkan penerima yang mengirimkan suatu maksud pesan "Aku menerima pesan akhir dan aku siap untuk mengirimkan data yang lain." Suatu protokol handshaking lebih rumit mungkin mengijinkan pengirim untuk penerima jika ia adalah siap untuk menerima atau untuk penerima untuk menjawab dengan suatu hal negatif pengakuan maksud " Aku tidak menerima pesan akhir dengan tepat, menyenangkan mengirimkan kembali itu".


2. Berikan Contoh Handshaking antar perangkat


Handshaking diperlukan untuk membentuk aturan komunikasi pada saat komputer akan terhubung dengan perangkat lain seperti modem, printer, atau server jaringan. HandshakingPolling Adanya software prioritas yang di-poll pertama mendapatkan prioritas tertinggi. Bila processor itu ingin mengakses perangkat, dalam salah satu pendekatannya adalah dengan membiarkan processor melakukan semua pekerjaan. Processor berinteraksi dengan controller melalui protokol yang rumit tetapi dasar Handshaking-nya cukup sederhana. HandshakingInterupsi Pada interupsi terjadilah bila suatu perangkat M/K ingin memberitahu processor bahwa ia telah siap menerima perintah, output sudah dihasilkan, atau terjadi error Interrupt Request Line Padahal itu kebanyakan CPU, dan ada dua interrupt request line. Vektor Interupsi dan Vector Chaining bagaimanaada sebuah sinyal interupsi pada interrupt request line, bagaimana sebuah interrupt handler mengetahui sumber dari interupsi itu? Apakah harus menelusuri semua sumber interupsi satu-persatu? Tidak perlu, karenadisetiap interrupt handler mempunyai alamat memori masing-masing. Alamat ini adalah offset pada sebuah tabel yang disebut dengan vektor interupsi.


3. Jelaskan keterkaitan handsaking hardware dan handsaking software!


Hardware Handshaking

Teknik yang digunakan untuk mengatur aliran data dengan memanfaatkan sinyal kontrol yang ada pada jalur komunikasi. Contoh: Sinyal RTS (Request to Send) and CTS (Clear to Send)

Software Handshaking, menggunakan dua karakter khusus yang disisipkan ke dalam aliran data untuk membawa informasi kontrol aliran data.

Keterkaiannya yaitu Suatu perangkat yang baru tersambung dengan komputer harus saling melakukan pengenalan agar device dapat digunakan sebagaimana fungsinya & Komputer juga membutuhkan protocol yang berfungsi sebagai penanda apabila saat terjadinya proses mengalami error ataupun berhasil.

Comments

Popular Posts