Pengantarmukaan Periferal Komputer

1. Jelaskan mengapa komputer atau perangkat lain harus saling dihubungkan!

Antarmuka pengguna atau antarmuka manusia-mesin adalah bagian dari mesin yang memfasilitasi interaksi manusia-mesin. Saklar membran, keypad karet, dan layar sentuh adalah contoh bagian fisik dari Antarmuka Mesin Manusia yang dapat kita lihat dan sentuh. Kita perlu menghubungkannya karena untuk bisa saling terkoneksi antara satu sama lain serta agar dapat saling berkomunikasi dan bertukar data.

2. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor apa saja yang diperlukan sehingga antar perangkat yang sudah saling terhubung dapat saling berkomunikasi dan bertukar data!

a. Electrical (physical)
Fungsi dari layer electrical merupakan layer yang mendasar dari suatu interfacing. Layer ini adalah layar fisik, karena intrefacing dalam penggunaan umum berkaitan dengan setiap alat yang penggunaannya adalah elektronika.
b. Signal
Layer signal merupakan layer yang digunakan untuk menyampaikan dari dari satu titik ke titik yang lainnya. Pada layer ini tergantung dari layer elektrical (fisik) yang dalam penggunaann umum, arus listrik yang digunakan untuk menyampaikan data melalui sirkuit. Layer signal adalah teknik pengembangan pada elektrical interfacing, bus interfacing, dan data transfer.
c. Logic
Pada layer logic merupakan suatu bentuk argumentasi tanpa memandang arti khusus dari istilah argumentasi lain. Hal ini dikarenakan layer signal sebagai penyampai datanya adalah arus listrik. Layer logic adalah pengalamatan dari rangkaian aplikasi, bus interfacinf, dan data transfer.
d. Protocol
Merupakan satu set peraturan dan prosedur untuk bertukar-tukar data. Protocol interfacing adalah ilmu yang merupakan standar dan implementasi dari suatu komunikasi.
e. Code
Layer code merupakan representasi simbolik dari data atau intruksi dalam bentuk kode atau intruksi.
f. Algorithmic
Merupakan suatu yang berhubungan dengan penggunaan algorithma untuk mendapatkan suatu hasil dalam interfacing.

3. Jelaskan keuntungan dan kerugian dari interface yang menggunakan media transmisi wireless!

Kelebihan yang ditawarkan wireless :

a. Kecepatan Instalasi
- Proses pemasangan cepat.
- Tidak perlu menggunakan kabel. 

b. Mobilitas
- Kemampuan akses data pada jaringan wireless itu real time, selama masih di area hotspot.
c. Fleksibilitas Tempat
- Bisa menjangkau tempat yang tidak mungkin dijangkau kabel.
d. Jangkauan luas
e. Biaya pemeliharannya murah (hanya mencakup stasiun bukan seperti pada jaringan kabel yang mencakup keseluruhan kabel).


Kelemahan teknologi wireless.

a. Transmit data kecil, sedangkan jika menggunakan kabel akan lebih cepat.
b. Alatnya cukup mahal.
c. Mudah terjadi gangguan antara pengguna yang lain ( Interferensi Gelombang )
d. Kapasitas jaringan terbatas.
e. Keamanan data kurang terjamin.

Comments

Popular Posts